Gembus makanan tradisonal yang mulai sirna

Image : Gembus
TegalMedia-Com-Ampas tahu atau gembus adalah termasuk makan khas Tegal pada jaman dahulu  sampai sekarang 
 namun Gembus sekarang jarang di jumpai.
Gembus adalah makanan yang berasal dari ampas Tahu dan proses pembuatanya seperti  jenis tempe, Cuma pebedaanya di bahan bakunya saja kalau gembus adalah ampas dari Tahu yang umumya di produksi oleh Pabrik Rumahan atau usaha sampingan agar limbah tidak terbuang sia sia.
Pada dasarnya gizi yang terdapat di makanan Gembus masih memadai, selain masih adanya sisa- sisa Protein  yang tidak tersaring ,juga mengandung serat yang cukup tinggi.
Gembus masih banyak di jumpai di pasar  pasar tradisional Tegal misal, pasar Ketembreng ,pasar Slawi, dan Pasar Trayeman .
Gembus adalah sejenis makanan Tradisional khas Tegal selain enak,murah , juga praktis untuk di buat aneka masakan, seperti di buat ini sayur lodeh , di goreng, bisa juga untuk campuran tumisan. Makanan ini bisa di jadikan Teman  Nasi dan bisa juga untuk cemilan dll.
Makanan sejenis ini popular di beberapa Daerah khususnya di Tegal dan sekitarnya, gembus pada umumnya layak di kosumsi karena jarang menimbulkan keracunan dan lebih aman ,karena kandungan lemaknya hampir tidak ada ,sehingga bakteri Pseuclomonas ,cocovenenans tidak bisa berkembang maupun beraksi dengan  sempurna.
Kontaminasi kadang – kadang bisa terjadi bila proses pembuatan Gembus tidak higenis.
Karena kurang pengenalan / sosialisanya kepada masyarakat,Makanan  Gembus ini menjadi makanan yang kurang di kenal di masa kini, padahal makanan ini sudah di kosumsi dari jaman nenek moyang di Tegal.


Related

WISATA KULINER 7865163110935862773

Hot in week

Recent

Comments

item